“Melalui Bimbingan Teknis Keprotokolan Kita Wujudkan Pelayanan Keprotokolan, Handal dan Profesional” : Pentingnya Keprotokolan dalam Penempatan Pejabat

Bagikan Berita Ini

Kopertis Wilayah IV telah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Keprotokolan bagi Tenaga Administrasi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2018. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan Kopertis Wilayah IV terhadap Perguruan Tinggi Swasta yang berada di wilayah kerjanya, juga sebagai upaya dalam menyelenggarakan tugas dan pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 9 tahun 2010 tentang Keprotokolan serta sebagai wujud peningkatan kualitas pelayanan publik.

Koordinator Kopertis Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman, AS, M.Pd. secara langsung membuka kegiatan bimtek ini dengan resmi. Dalam sambutan pembukaannya, beliau menyampaikan bahwa protokol memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan berbagai kegiatan terkait keprotokolan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi swasta. Disampaikan pula bahwa protokol harus mempersiapkan seluruh aspek secara optimal khususnya dalam hal tata tempat pejabat yang diundang, jangan sampai ada kesalahan apalagi sampai tidak mengetahui nama dari pejabat yang diundang tersebut.

Bimbingan Teknis Keprotokolan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 8 Februari 2018 sampai dengan 10 Februari 2018, bertempat di Gedung Diklat Kopertis Wilayah IV Jatinangor. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 75 orang berasal dari perguruan tinggi swasta yang berada di wilayah Jawa Barat dan Banten. Untuk memberikan pemahaman yang mendalam serta peningkatan kemampuan, pengetahuan dan perilaku maka narasumber yang diundang merupakan para praktisi dan akademisi yang ahli dalam bidang keprotokolan, diantaranya Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. (Koordinator Kopertis Wilayah IV), Yayat Hendayana, S.S., M.Si. (Protokol Kemenristekdikti), Dr. Ani Yuningsih, M.Si. (Akademisi UNISBA), Dr. Rudiyanto (Akademisi UPI), Dian Anggraeni Umar, M.Si. (Konsultan Public Relations) dan Prof. Dr. Atie Rachmiatie, M.Si. (Akademisi UNISBA).

Dengan dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Keprotokolan ini diharapkan peserta dapat memahami tata cara keprotokolan yang baik dan benar, menentukan langkah konkrit yang harus dilakukan di tahun 2018 dalam penyelenggaraan yang berkaitan dengan keprotokolan dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta. (HP)

Peserta Kegiatan Bimtek Keprotokolan 2018