“Dosen tidak hanya harus mengajar namun juga harus mengembangkan ilmu dengan membuat karya ilmiah!”

Bagikan Berita Ini
  • 2
    Shares

           Kopertis Wilayah IV telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Dosen Pemula yang Berkualitas bagi Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV Tahun 2018. Kegiatan bimbingan teknis ini dilaksanakan dalam rangka mengarahkan dan membina kemampuan dosen dalam pembuatan proposal penelitian, juga dalam upaya mewujudkan kebijakan desentralisasi penelitian dari Direktorat Jenderal Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Bimbingan teknis ini juga diharapkan dapat menjadi sarana pelatihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan penelitiannya dalam jurnal illmiah baik lokal maupun nasional terakreditasi.

            Kegiatan bimbingan teknis ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Kopertis Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. Dalam sambutan pembukaannya, beliau menyampaikan bahwa fundamental berfikir dosen harus punya harga diri dan martabat. Dosen harus mempunyai rasa bangga karena menjadi profesi tertinggi di negeri ini, yang diperoleh bukan dari uang tunai semata tetapi dari integritas, kepedulian, komitmen dan religius. Banyak dosen yang masih menganggap bahwa tugas utamanya adalah mengajar namun juga harus mengembangkan ilmu dalam pembuatan karya ilmiah. Dengan acara bimbingan teknis ini, Koordinator memberikan intruksi kepada peserta untuk membuat proposal penelitian dosen pemula yang harus dikumpulkan paling lambat 2 (dua) minggu setelah acara ini selesai.

            Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Dosen Pemula yang Berkualitas bagi Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV Tahun 2018 dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 7 s.d. 9 Maret 2018, bertempat di Gedung Diklat Kopertis Wilayah IV Jatinangor. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 75 orang berasal dari perguruan tinggi swasta yang berada di wilayah Jawa Barat dan Banten. Narasumber yang diundang dalam kegiatan bimbingan teknis ini merupakan orang yang memiliki kompetensi dalam penyusunan proposal penelitian diantaranya Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. (Koordinator Kopertis Wilayah IV), Prof. Meilinda Nurbanasari, S.T., M.T., Ph.D. (Institut Teknologi Nasional), Dr. Harry Suharman, MA., Ak. (Universitas Padjadjaran), Dra. Ginung Pratigina, M.Si. (Universitas Djuanda), Dr. Palti Marulitua Sitorus (Universitas Telkom) dan Dr. Sri Fadillah, S.E., M.Si., Ak., Ac. (Universitas Islam Bandung).

            Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Dosen Pemula yang Berkualitas bagi Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV Tahun 2018 dilaksanakan untuk mengarahkan dan membina kemampuan meneliti dosen pemula dan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam hal penyusunan proposal penelitian. (HP)