“Sosialisasi Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Dana Hibah bagi Dosen Penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV Tahun 2018”

inside
Sosialisasi Pertanggungjawaban Keuangan Dana Hibah

            Kopertis Wilayah IV telah menyelenggarakan Sosialisasi Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Dana Hibah bagi Dosen Penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV Tahun 2018 dengan lancar. Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan kepada perguruan tinggi swasta, guna meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun laporan keuangan dana hibah penelitian. Dengan melaksanakan pelaporan keuangan dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan baik dapat menjadi salah satu unsur dalam meningkatkan rangking atau cluster perguruan tinggi. Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Kopertis Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd.

            Sosialisasi Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Dana Hibah bagi Dosen Penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV dilaksanakan selama 1 hari tanggal 13 Februari 2018, bertempat di Gedung Diklat Kopertis Wilayah IV Jatinangor. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 146 orang berasal dari perguruan tinggi swasta yang berada di wilayah Jawa Barat dan Banten. Narasumber yang diundang dalam kegiatan sosialisasi ini merupakan para praktisi dan akademisi yang berpengalaman dan ahli dalam pelaporan keuangan khususnya dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diantaranya Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. (Koordinator Kopertis Wilayah IV), Dr. Mohamad Hardi. (Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti) dan Dr. Sri Fadilah (Universitas Islam Bandung).

           Tujuan dilaksanakannya Kegiatan Sosialisasi Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Dana Hibah bagi Dosen Penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV adalah untuk memberikan pemahaman mengenai tata cara perhitungan PPh/PPN, tata cara ketentuan pelaporan keuangan hibah dan tata cara pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan pelaporan keuangan kepada penerima hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (HP)