“Workshop Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat Tahap Kedua”

          Workshop Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat pada Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV tahap kedua telah selesai diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah IV. Kegiatan Workshop ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan Kopertis Wilayah IV terhadap Perguruan Tinggi Swasta guna memberikan pemahaman lebih jauh terkait penulisan karya ilmiah dan plagiarisme. Kegiatan Workshop ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Ketenagaan, Dra. Deece Udansyah, M.Si.

          Workshop Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat pada Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV tahap kedua dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 1 s.d. 2 Maret 2018, bertempat di Gedung Diklat Kopertis Wilayah IV Jatinangor. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 180 orang dari 90 PTS yang diundang. Setiap PTS diminta untuk mengirimkan dua orang perwakilan yaitu pimpinan perguruan tinggi sebagai pembuat kebijakan dan ketua LPPM yang mengimplementasikan kebijakan khususnya terkait jurnal. Dalam rangka memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai plagiarisme yang sangat rentan terjadi dalam publikasi jurnal oleh para dosen maka narasumber yang diundang merupakan ahli dalam bidang penulisan karya ilmiah, diantaranya Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.PD. (Koordinator Kopertis Wilayah IV), Prof. Dr. Ir. H. Roni Kastaman, MSIE. (Universitas Padjadjaran), Prof. Dr. Ir. Abdul Hakim Halim, M.Sc. (Institut Teknologi Bandung) dan Prof. Meilinda Nurbanasari, Ir., M.T., Ph.D. (Institut Teknologi Nasional).

      Workshop Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat pada Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV tahap kedua dilaksanakan untuk memberikan pemahaman tentang penulisan karya ilmiah dan plagiarisme kepada dosen dalam hal ini diwakili oleh pimpinan perguruan tinggi tersebut dan ketua LPPM. (HP)

Peserta