“HARDIKNAS 2018 : “Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia”

Upacara

          Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2018, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang dihelat di 2 (dua) kota yaitu Bandung dan Jakarta mulai tanggal 2 s.d. 13 Mei 2018. Kemenristekdikti pada peringatan Hardiknas Tahun 2018 ini mengambil sub tema “Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia” dari tema besar “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koordinator
Koordinator Kopertis Wilayah IV bersalaman dengan Menristekdikti

         Upacara peringatan Hardiknas 2018 dilaksanakan di Kampus Universitas Padjadjaran Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung dengan Menristekdikti Prof. M. Nasir, Ph.D. sebagai pembina upacara. Upacara dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Kemenristekdikti, Rektor Perguruan Tinggi Negeri di Kota Bandung, Pimpinan dan pegawai di lingkungan Kopertis Wilayah IV serta seluruh Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Jawa Barat.

        Kopertis Wilayah IV menjadi salah satu tuan rumah dalam rangkaian kegiatan Hardiknas 2018 yang dilaksanakan di Kota Bandung selain UNPAD dan ITB. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah IV diantaranya Saresehan bersama Menristekdikti yang diwakili oleh Sesditjen Kelembagaan Kemenristekdikti Bapak Dr. Agus Indarjo dan Sesditjen Belmawa Prof. Dr. Rina Indiastuti, tanggal 2 Mei 2018 bertempat di Aula Kantor Kopertis Wilayah IV.

IMGL9297
Sambutan Koordinator pada Acara Saresehan bersama Menristekdikti

 

         Kopertis Wilayah IV juga menyelenggarakan seminar ilmiah Halal Science : Perkembangan Global dan Potensi Indonesia, dengan narasumber Prof. Irwandi Jaswir, seorang professor asal Indonesia peraih King Faisal International Prize 2018 kategori “Berjasa untuk Islam” di Arab Saudi. Seminar ilmiah ini dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2018 bertempat di Aula Kantor Kopertis Wilayah IV.

Grup
Kiri-Kanan. Sony Suhandono (Moderator), Bagus Muljadi (Asisstant Professor Nottingham University), Ali Ghufron (Dirjen SDID), Irwandi Jaswir, Uman Suherman(Koordinator Kopertis 4), Eddy Jusuf (Ketua APTISI Jabar)

        Puncak rangkaian kegiatan Hardiknas 2018 yang dilaksanakan di Kota Bandung ialah penyelenggaraan Jalan Sehat sekaligus Pemberian Layanan Langsung kepada masyarakat dan Pameran Expo Karya Inovasi Perguruan Tinggi Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2018 di Area Car Free Day Dago dan dihadiri oleh Para Pejabat dan pegawai di lingkungan Kemenristekdikti, Rektor Perguruan Tinggi Negeri di Kota Bandung, Koordinator dan Pejabat di lingkungan Kopertis Wilayah IV serta seluruh Pimpinan, dosen dan civitas akademika Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV. Jalan sehat dimulai dengan acara pembukaan di Kampus UNIKOM Dago oleh Direktur Karir dan Kompetensi SDM Kemenristekdikti Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, beliau menyampaikan permohonan maaf dikarenakan Menristekdikti dan Sekretaris Jenderal tidak dapat menghadiri kegiatan ini dikarenakan ada tugas yang tidak dapat ditinggalkan.

Bunyamin
Sambutan Prof. Dr. Bunyamin Maftuh (Direktur Karier dan Kompetensi Kemenristekdikti)

Kegiatan dilanjutkan dengan Jalan sehat yang diiringi oleh pertunjukan drum band yang berasal dari Universitas Nurtanio mulai dari Kampus UNIKOM Dago sampai dengan Cheap Outlet tempat dilaksanakannya senam pagi dan Pameran Expo Karya Inovasi Perguruan Tinggi di Jawa Barat. Kegiatan kemudian diakhiri dengan sarapan pagi di area parkir BCA Finance dan pemberian layanan langsung kepada masyarakat di area Taman Cikapayang Dago. (HP)

 

Jalan sehat
Jalan Sehat

 

Inovasi
Pameran Inovasi PTS
Senam sehat
Senam Sehat