Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia Tahun 2019

Bagikan Berita Ini

Yth.  Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah IV

Menindaklanjuti surat Plt. Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti nomor B/606/C.C5/KB.00.02/2019 tanggal 4 April 2019, bersama ini kami sampaikan bahwa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali akan mengumumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia Tahun 2019 pada tanggal 17 Agustus 2019, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Download Surat  Klasterisasi_PT_2019

Klasterisasi Perguruan Tinggi bertujuan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti, agar penyusunan kebijakan serta pembinaan perguruan tinggi di Indonesia lebih terarah dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perguruan tinggi, sehingga peningkatan mutu perguruan tinggi akan tercapai. Selain itu, klasterisasi juga dapat memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai performa perguruan tinggi di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019 ini akan dilihat berdasarkan indikator:

  1. INPUT (15%)
  2. PROSES (25%)
  3. OUTPUT (25%)
  4. OUTCOME (35%)

yang tetap mencerminkan performa perguruan tinggi Indonesia, baik dari sisi: Sumber Daya Manusia, Kelembagaan, Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta Inovasi. Variabel-variabel yang mencerminkan masing-masing indikator, sumber data yang digunakan, serta unit yang menangani dapat dilihat pada lampiran.

Mengingat bahwa data/informasi baik yang dilaporkan oleh perguruan tinggi maupun dari sumber-sumber lain akan dikompilasi lebih lanjut, maka perguruan tinggi diharapkan dapat melengkapi data/informasi yang diperlukan melalui laman/sumber data paling lambat akhir bulan Juni 2019 atau sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan pada masing-masing unit utama (PIC) yang bertanggung jawab terhadap sumber data terkait.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Sdri. Annisa Pranowo melalui email: nisa@ristekdikti.go.id (ponsel: 08161493952) untuk hal-hal yang bersifat umum, atau langsung kepada unit yang bertanggung jawab terhadap data tersebut seperti tercantum pada lampiran. Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.