Silaturahmi Idul Fitri 1440 H Dan Seminar Sinergitas Asosiasi BPPTSI Jawa Barat Dan KADIN Jabar Menyongsong Visi Jawa Barat

DSC01589

Bandung – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menghadiri acara Silaturahmi Idul Fitri 1440 H dan Seminar Sinergitas ABPPTSI Jawa Barat dan KADIN Jawa Barat, 4 Juli 2019. Acara ini diselenggarakan di Aula Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom.

Hadir dan memberikan sambutan, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. Dalam sambutannya, Uman menyampaikan bahwa semua yang ada disini memiliki komitmen yang sama untuk menghasilkan lulusan terbaik, namun lulusan terbaik itu tidak cukup dengan cumlaude saja, tetapi juga harus dapat merespon dan mengakomodir kebutuhan yang terjadi di masyarakat.

Kampus saat ini, dituntut oleh masyarakat untuk meningkatkan daya serap terhadap dunia kerja. Tetapi tidak mungkin daya serap itu meningkat apabila kompetensi tidak terbangun. “Untuk membangun kompetensi itu paling tidak ada 3 (tiga) aspek yang harus diperhatikan, pertama perkuliahan, kedua praktikum dan ketiga adalah penilaian”, ujar Uman.

“Perusahaan besar seperti Google dan Microsoft dalam penyerapan sumber daya manusianya tidak lagi mementingkan ijazah, melainkan kompetensi yang dilegalkan melalui sertifikasi profesi.” Selama ini LLDIKTI IV, APTISI dan ABPPTSI sudah berupaya untuk membuat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di kampus-kampus dan itu sepertinya akan bertambah kuat apabila KADIN sebagai pengguna atau user dari lulusan memberikan sebuah penilaian sehingga kompetensi yang dibangun benar-benar terbimbing” lanjutnya. Uman juga hadir memberikan paparan dalam Seminar Sinergitas ABPPTSI bersama dengan KADIN Jawa Barat, Tatan Pria Sujana dan Ketua ABPPSTI Pusat Prof. Dr. Thomas Suyatno.

DSC01627

Pada acara ini juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara KADIN Jawa Barat, APTISI IV A Jawa Barat, ABPPTSI Jawa Barat dan LLDIKTI Wilayah IV mengenai Pendidikan jangka panjang, jangka pendek dan atau pelatihan dalam rangka menciptakan tenaga professional dengan kualifikasi nasional dan internasional. Dengan adanya sinergi antara keempat instansi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan perguruan tinggi yang bermutu.

Uman menyampaikan bahwa MoU yang dilaksanakan pada hari ini diharapkan tidak hanya dilaksanakan antara KADIN, APTISI, ABPPTSI dan LLDIKTI, namun yang lebih penting yaitu MoU antara KADIN dengan setiap perguruan tinggi swasta yang berada di Jawa Barat dan LLDIKTI Wilayah IV siap untuk memfasilitasi itu.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat mendukung terjalinnya kerjasama pentahelix ini. Mewakili Gubernur, hadir dan memberikan sambutan dalam kesempatan ini Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Dady Iskandar.

Dalam sambutannya, Dady menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung penuh sinergitas antara akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah dan juga media. Sinergitas yang terjalin baik tentu akan membuat akselerasi pembangunan menjadi mudah terwujud.

“Kita perlu mempersiapkan kecakapan digital SDM dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0”, ujar Dady. “Menjadi tantangan bagi kita untuk menyiapkan generasi muda yang memiliki kompetensi dan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945”, sambungnya.

Turut hadir dan memberikan sambutan Rektor Universitas Telkom, Ketua Yayasan Pendidikan Telkom, Ketua ABPPTSI Jawa Barat, Ketua APTISI IV A Jawa Barat, Ketua KADIN Jawa Barat Serta Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur.

Acara diakhiri dengan ramah tamah seluruh tamu undangan dan makan siang.

Bagikan Berita Ini